Kesehatan

Beberapa Posisi Berhubungan Saat Hamil yang Aman

Beberapa Posisi Berhubungan Saat Hamil yang Aman

Melakukan hubungan intim dengan pasangan yang hamil terkadang mengundang kekhawatiran tersendiri. Adanya kecemasan tentang masalah yang akan muncul pada janin adalah salah satunya. Namun, sebenarnya, dengan posisi berhubungan saat hamil yang tepat, maka kekhawatiran tersebut tidak perlu muncul.

Ya, perut ibu hamil yang membesar adalah salah satu hal yang menjadi sumber kekhawatiran saat hendak melakukan hubungan intim. Tentu, dengan perut yang besar, hubungan intim tidak bisa dilakukan dengan konvensional sebagaimana biasanya.

Namun, perlu diketahui, ada beberapa posisi berhubungan intim pada saat hamil yang bisa dicoba dengan pasangan. Apa saja posisi tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Ragam Posisi Aman Berhubungan Intim Saat Hamil

Sebagaimana disinggung di awal, memilih posisi yang tepat adalah keharusan agar hubungan intim pada saat hamil bisa dilakukan dengan aman. Nah, ada beberapa posisi yang disarankan yang tentu bisa Anda terapkan.

Beberapa posisi berhubungan saat hamil yang aman tersebut adalah sebagai berikut:

  • Woman on top

Woman on top adalah salah satu posisi yang cukup disarankan ketika melakukan hubungan intim saat hamil. Umumnya, ini adalah posisi eksplorasi yang tidak biasa di mana wanita cenderung memegang kendali saat berhubungan intim.

Dari namanya, bisa dipahami bahwa posisi ibu hamil ada di atas sementara pasangan berada di bawah. Ibu hamil akan melakukan penetrasi dan mengontrol ritme hubungan intim. Posisi ini cenderung aman karena tidak akan terjadi gencetan pada perut ibu hamil yang membesar.

  • Doggie style

Posisi lain yang disarankan untuk berhubungan intim saat hamil adalah doggie style. Ini merupakan posisi yang sering diambil oleh pria untuk melakukan penetrasi yang lebih. Dengan posisi ini, maka tidak akan terjadi pula gencetan pada perut ibu hamil.

Untuk berhubungan intim dengan posisi ini, ibu hamil bisa bertumpu pada lutut dan tangan. Setelah itu, pria akan melakukan penetrasi dari belakang.

  • Oral seks

Oral seks adalah ide hubungan intim yang disarankan saat hamil. Namun, posisi hubungan intim ini memang tidak melibatkan penetrasi pada alat kelamin. Seperti namanya, oral seks menggunakan mulut sebagai pengganti untuk memuaskan pasangan masing-masing.

Beberapa poin di atas adalah beberapa posisi berhubungan intim yang disarankan di masa kehamilan. Tentu, ada beberapa posisi yang mungkin terlihat aneh karena Anda belum terbiasa. Namun, Anda bisa mencobanya untuk menjaga kandungan agar tetap aman.

Selain posisi berhubungan saat hamil, hal lain yang perlu diperhatikan adalah waktu berhubungan. Dalam hal ini, ada baiknya jika Anda menunda hubungan intim setidaknya hingga trimester pertama kehamilan agar tidak muncul risiko keguguran. Juga, hindari berhubungan intim jika kehamilan sudah masuk 4 minggu terakhir menjelang persalinan.